Di Giat Pelepasan dan Kenaikan Kelas, SDN Tugu Utara 02 Lahirkan Bibit Prestasi yang Unggul

CISARUA - Dengan semangat riang gembira, SDN Tugu Utara 02 Kecamatan Cisarua menggelar kegiatan Pelepasan dan Kenaikan Kelas dengan tema Generasi Muda yang Inspiratif dan Kreatif Semoga Kesuksesan selalu Bersamamu dalam Menggapai Masa Depan yang Lebih Mantap. Kegiatan ini digelar di halaman Kantor Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua pada Rabu (19/6).

Kegiatan yang sangat meriah ini diikuti oleh siswa-siswi SDN Tugu Utara 02, orang tua/wali siswa, guru-guru, kepala sekolah, dan komite serta dihadiri oleh kepala Desa Tugu Utara dan pengawas pembina SD.

Dalam sambutannya, pengawas pembina SD Adnawijaya mengapresiasi kegiatan Pelepasan dan Kenaikan Kelas sekaligus memberi ucapan selamat kepada siswa-siswi yang lulus dan naik kelas.

"Jangan patah semangat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Mau ke SMP silahkan, mau ke MTs silahkan. Yang penting harus melanjutkan," ungkap Adnawijaya.
Adnawijaya mengatakan bahwa program wajib belajar bukan karena program pemerintah, melainkan untuk masa depan generasi bangsa.

"10 tahun kemudian kalian akan dipertanyakan, apakah sudah berguna untuk diri sendiri, orang tua, nusa bangsa, dan keluarga bagi yang sudah berkeluarga," katanya.
Menurut Adnawijaya, peran orang tua sangat penting dalam memotivasi, membimbing, dan mendorong anak demi kesuksesan.
"Intinya orang tua sangat penting," singkat Adnawijaya.
Tak hanya Adnawijaya saja yang menginginkan siswa-siswi SDN Tugu Utara 02 melanjutkan ke jenjang berikutnya. Kepala Desa Tugu Utara, Dahi W Candra ikut turut mendorong dan mendukung anak untuk bisa melanjutkan pendidikan.

"Kalau ada permasalahan di akte kelahiran, kami siap membantu. Yang penting anak bisa sekolah," tutur Dahi saat sambutannya.
Sementara itu, kepala SDN Tugu Utara 02, Sumaryati mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali siswa yang sudah hadir dan mendukung kegiatan Pelepasan dan Kenaikan Kelas.

"Terima kasih juga kepada bapak Kades yang sudah memberikan fasilitas hingga kegiatan ini bisa dilaksanakan," ucapnya.

Sebagai kepala sekolah, Sumaryati bersyukur karena pada tahun ini SDN Tugu Utara 02 bisa merayakan Pelepasan dan Kenaikan Kelas yang sudah lama belum dilaksanakan karena bentrok dengan waktu Ramadhan.

"Alhamdulillah saya bersyukur tahun ini bisa dilaksanakan,"ungkap pimpinan SDN Tugu Utara 02 itu.

Dalam sambutannya, Sumaryati juga memaparkan dihadapan pengawas dan orang tua/wali siswa tentang prestasi SDN Tugu Utara 02 yang sedang memuncak dan meraih berbagai prestasi.
"Sebuah prestasi yang membanggakan. Alhamdulillah pada kegiatan Porseni bulan Desember lalu SDN Tugu Utara 02 mendapat peringkat kedua dengan mendapatkan 9 medali, yang 4 diantaranya maju ke kabupaten mewakili Kecamatan Cisarua," paparnya.
Sumaryati mengucapkan terima kasih kepada semua guru dan orang tua/wali siswa yang sudah memberikan dukungan dan mendorong anak untuk bisa aktif di ekstrakurikuler. Ia mengatakan bahwa aktif di ekstrakurikuler adalah prestasi.

Seperti halnya sekolah-sekolah lain, di SDN Tugu Utara 02 juga diadakan program tabungan siswa yang di dalamnya terdapat nilai edukasi untuk siswa-siswi dalam pembiasaan menabung sejak dini.

"Alhamdulillah mengenai tabungan terkumpul sebesar 342.106.000,00 dan itu sudah dikembalikan pada awal Ramadhan," terang Sumaryati di sela-sela sambutannya yang bertujuan untuk mentransfaransi atau keterbukaan kepada orang tua/wali siswa.

Masih dalam sambutannya, Sumaryati juga memaparkan jumlah siswa secara keseluruhan sekaligus presentase naik kelas dan tidak naik kelasnya.

"Dari 406 siswa, yang naik kelas 98,9 %. Sedangkan yang tidak naik kelas 1,1 %. Untuk kelas VI, Alhamdulillah dari 55 siwa semuanya lulus," paparnya.

Ia juga memberi ucapan selamat kepada siswa-siswi yang naik kelas dan siswa-siswi kelas VI yang lulus.

"Kami telah mengajarkan kepada kalian, diantaranya memiliki budi pekerti yang baik, akhlak yang baik, sopan santun, dan lain-lain . Itu semua tolong tunjukkan kepada masyarakat luas yang nantinya menjadi ciri khas siswa-siswi SDN Tugu Utara 02," ucapnya yang ditujukan kepada siswa-siswi kelas VI.

Sumaryati juga menitip pesan kepada siswa-siswi kelas VI yang sudah lulus agar selalu menjaga nama baik almamater SDN Tugu Utara 02 di mana pun berada.
Dalam kesempatan ini, kepala SDN Tugu Utara 02 Sumaryati mengenalkan kembali keluarga besar SDN Tugu Utara 02 dengan cara memanggil guru-guru dan diperkenalkan.
"Kami atas nama sekolah mengembalikan tanggung jawab pendidikan kepada bapak/ibu selaku orang tuanya. Mulai hari ini tanggung jawab pendidikan putra-putri bapak/ibu ada ditanggung jawab bapak/ibu selaku orang tuanya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," ungkap Sumaryati yang dilanjutkan dengan menerbangkan sepasang merpati sebagai simbol pelepasan.
Permohonan maaf juga disampaikan oleh Sumaryati sebagai kepala sekolah kepada siswa-siswi SDN Tugu Utara 02 yang tahun ini lulus.

"Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Di sinilah 6 tahun yang lalu kalian datang untuk menuntut ilmu dan di sinilah kalian juga akan berpisah. Jika selama pendidikan ada yang pernah bapak/ibu guru marahi, pada dasarnya itu bukan berarti bapak/ibu guru benci kepada kalian. Kami guru-guru menginginkan siswa-siswi kami menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama," kata Sumaryati mewakili guru-guru.

Ketua komite sekaligus merangkap ketua pelaksana, Ofi Anasari berharap siswa-siswi kelas VI yang sudah lulus dapat menjadi anak yang baik dan bisa mengejar cita-citanya.
"Untuk kelas I-V tetap semangat belajar," singkatnya.

Encep Sudaryat sebagai wali kelas VI ikut angkat bicara, ia mengharapkan anak didiknya bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

"Mudah-mudahan di sekolah ini ada alumni yang menjadi pemimpin. Contohnya waktu saya masih mengajar di SDN Cibeureum 01, Alhamdulillah ada alumni yang berhasil menjadi pemimpin seperti Fadli Zon dan Ricky Kurniawan. Semoga saja dengan beralih tugasnya saya di SDN Tugu Utara 02 bisa melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa berikutnya," harap Encep.

Terkait dengan siswa-siswi yang berprestasi, Encep juga berharap pemerintah bisa memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi agar menambah semangat dalam menuntut ilmu.
"Saya berharap pemerintah bisa memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi," tambahnya.
Tentu dalam setiap pelepasan selalu ada siswa dan siswi terbaik. Dalam kesempatan ini, siswa terbaik (yang menjadi raja) diraih oleh Abizar Akbar sedangkan siswi terbaik (yang menjadi ratu) adalah Nadia Febriani.

"Saya senang bisa menjadi ratu di sekolah ini. Terima kasih juga kepada semua guru  yang sudah mendidik saya selama 6 tahun. Semoga kami lulusan SDN Tugu Utara 02 dapat menjadi orang sukses," ungkap Nadin, sapaan akrabnya.

Orang tua Nadin merasa bangga memiliki anak yang dari kelas I hingga kelas VI selalu berprestasi.

"Semoga anak saya bisa lebih baik lagi dan menjadi anak yang sholehah. Untuk guru-gurunya semoga diberikan umur yang panjang dan sehat selalu," harap Yanah, orang tua Nadin.

Tak hanya Nadin saja yang merasa senang. Siswa terbaik, Abizar Akbar juga merasa senang bisa membuat bangga orang tuanya. Ia menitip pesan bahwa jika sekolah harus belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan terlalu banyak bermain.

Kemudian, orang tua Abizar, Astrid Analia mengatakan bahwa SDN Tugu Utara 02 menghasilkan bibit-bibit unggul siswa-siswi yang berprestasi. Ia juga menyarankan untuk sekolah di SDN Tugu Utara 02.
"Kakaknya Abizar dulu sekolah di sini. Alhamdulillah sekarang sudah kuliah di Universitas Bakri dan mendapatkan beasiswa. Pokoknya SDN Tugu Utara 02 menghasilkan orang-orang yang berprestasi," terang Astrid.
Astrid juga mengucapkan terima kasih kepada guru-guru SDN Tugu Utara 02 karena telah mendidik anak-anak yang berprestasi seperti yang sudah-sudah. Ia juga berharap, semoga SDN Tugu Utara 02 ini selalu membuahkan bibit prestasi.

Dalam kegiatan ini terlihat siswa-siswi SDN Tugu Utara 02 begitu antusias dan semangat. Apalagi kegiatan seperti ini baru diadakan lagi oleh sekolah tercintanya. Rangkaian kegiatannya begitu menarik dan sangat meriah. Terdapat 3 rangkaian pokok, diantaranya acara pokok, acara inti, dan hiburan. Yang mengisi hiburan bukan siapa-siapa, melainkan siswa-siswi SDN Tugu Utara 02 yang aktif di ekstrakurikulernya masing-masing.

Karena dalam kegiatan ini bukan hanya pelepasan saja melainkan ada kenaikan kelas, jadi selain untuk siswa-siswi kelas VI, kegiatan ini juga ditujukan untuk siswa-siswi kelas I hingga kelas VI. Berikut ini adalah daftar peringkat kelas SDN Tugu Utara 02.

Kelas I A
1. M. Daffa Rizky
2. M. Ali Akbar
3. Della Manda Asika

Kelas I B
1. Muhamad Raditia
2. DInda Putri Wijaya
3. Reva Latifah

Kelas I C
1. Siti Nurjanah
2. Siti Anisa
3. Widya

Kelas II A
1. Habibah Alya Tunasahi
2. Cyara Chaerani Putri
3. Neng Rizka

Kelas II B
1. Naura Azahra Aulia
2. M. Hafiz
3. Nur Azwajilaan

Kelas II C
1. Siti Nurlaila
2. Tirfani
3. Queen
Kelas III A
1. Aziztul Hamdika
2. M. Raffa Ariansyah
3. Aldian

Kelas III B
1. Nala Latifah
2. Rafi Ramadhan
3. Dicky Alfiansyah

Kelas III C
1. Siti Lestari
2. Rena Siti Fauziah
3. Selvia Andini Ersaputri

Kelas IV A
1. Aurelya
2. Siti Aifany
3. Gendis Kusuma Wijaya

Kelas IV B
1. Siti Nurallika
2. Reva Hermalia
3. Meyra Aqilla

Kelas V A
1. M. Yazid Bustami
2. Malika Maharani K
3. Adinda Salsabila Putri Utami

Kelas V B
1. Rasya Ramadhan
2. Noorjehan Azahari
3. Fitri Rianti Nuryaman

Kelas VI A
1. Aqsal Gayatri
2. M Rafi Ar Rasyid
3. Harun Ar Rosyid.

Kelas VI B
1. Nadya Febriani
2. Nazar Mariam alawiyah
3. Nurulil Azkia

Sementara itu, berikut ini 10 besar nilai UN tertinggi SD Tugu Utara 02.
1. Nadya Febriani (ratu)
2. Difa Salma Aulia
3. M. Luki Masehi
4. Moch. Abizard Akbar (raja)
5. Natia Nursafitri Karima
6. Nazma Maryam Alawiyah
7. Fauzan Swa Rizki
8. Ibrahim Zahier
9. Saipul Parry
10. Keyla Sarah Agnestia

Posting Komentar

0 Komentar